PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), sebagai entitas anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus mendorong percepatan transformasi digital dalam rangka peningkatan efisiensi serta mutu layanan kepada pelanggan. Salah satu wujud komitmen tersebut diwujudkan melalui aplikasi KAI Logistik TRAX sebagai solusi digital untuk pengiriman barang ritel, yang kini mencatat tren penggunaan yang terus meningkat secara signifikan.
Direktur Pengembangan Usaha KAI Logistik, Riyanta mengungkapkan “Seiring dengan transformasi digital dan meningkatnya penetrasi teknologi, pemanfaatan digitalisasi kini menjadi elemen kunci dalam mendorong efisiensi dan peningkatan kualitas layanan. Hal ini sejalan dengan hasil survei penetrasi internet Indonesia tahun 2024 yang mencapai 79,5%, meningkat 1,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Data ini menunjukkan bahwa internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebutuhan masyarakat, termasuk dalam mendukung aktivitas logistik yang lebih cepat, akurat, dan transparan.”
Perseroan mencatat pertumbuhan signifikan volume transaksi pengiriman barang melalui aplikasi KAI Logistik TRAX sepanjang Semester I tahun 2025 sebanyak 28.572 kg, meningkat signifikan lebih dari 200% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yakni 9.069 kg. Pertumbuhan positif pada transaksi pengiriman Semester I 2025 tercermin melalui kenaikan yang signifikan dibanding periode yang sama pada tahun 2024. Tren peningkatan juga secara konsisten terjadi pada triwulan II tahun Perseroan dengan rata-rata kenaikan volume pengiriman mencapai 14% setiap bulan.
“Digitalisasi tidak hanya mengubah cara individu berkomunikasi, tetapi juga membentuk ulang cara masyarakat memandang dan mengakses layanan logistik. Aplikasi KAI Logistik TRAX hadir sebagai solusi kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang yang cepat, mudah, dan transparan. Melalui inovasi digital ini, KAI Logistik menghadirkan pengalaman layanan yang lebih efisien dan terintegrasi, sejalan dengan arah transformasi digital nasional,” lanjut Riyanta.
KAI Logistik terus menghadirkan berbagai inovasi melalui aplikasi digital KAI Logistik TRAX. Saat ini, cakupan layanan telah diperluas secara signifikan, dari yang semula terbatas di wilayah Pulau Jawa, kini menjangkau lebih dari 200 titik Service Point yang tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatera. Pengembangan layanan juga dilakukan melalui peningkatan kapasitas angkut hingga 300 kg serta perluasan jenis barang yang dapat dikirim melalui aplikasi, mulai dari dokumen, paket, sepeda, hingga sepeda motor. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan pengiriman yang beragam. Tidak hanya melakukan pemesanan secara digital, pada aplikasi KAI Logistik TRAX, pelanggan juga dapat melakukan cek lokasi outlet, cek tarif, penjemputan, hingga pembayaran digital.
“Ke depan, KAI Logistik akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menjawab dinamika kebutuhan pelanggan. KAI Logistik TRAX menjadi wujud kolaborasi teknologi dan layanan yang mampu membawa efisiensi nyata di sektor logistik. KAI Logistik berkomitmen membangun sistem logistik yang tidak hanya efisien, tetapi juga menjadi bagian penting dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutup Riyanta.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES